Selasa, 28 Februari 2012

Akhirnya Sony dan Ericsson Bercerai

Posted by Shinta on 28/02/2012


Sony Ericsson gadgetPerusahaan Ericsson asal Swedia menyatakan akan menjual 50% saham di Sony Ericssonkepada Sony. Sebagaimana kita tahu bahwa Sony Ericsson adalah perusahaan patungan antara Sony dari Jepang dan Ericsson dari Swedia yang dibangun pada tahun 2001. Kerjasama Sony dan Ericsson yang dimulai 10 tahun yang lalu akhirnya berakhir dengan “damai”.
Sony akan membeli 50 persen saham Ericsson diSony Ericsson sehingga perusahaan ponsel tersebut sepenuhnya dimiliki oleh Sony. Pernyataan dari Ericsson ini menegaskan rumor yang telah lama beredar bahwa mereka Sony dan Ericsson akan “bercerai” dari perusahaan patungan Sony Ericsson tersebut. Padahal hasil dari perpaduan dua vendor Swedia-Jepang tersebut menjadikan mereka saat ini menjadi enam besar di bisnis perangkat mobile. Belum jelas apa penyebab utama dari perpisahan duo ini yang jelas Ericcson selanjutnya akan berkonsentrasi pada pasar nirkabel secara penuh, dengan memaksimalkan riset dan pengembangan dan portofolio paten industri untuk mewujudkan dunia yang benar-benar terhubung.
Sementara itu, Sony akan memegang seluruh intellectual property bersama milik keduanya, mencakup semua produk dan layanan dari Sony, termasuk kepemilikan lima paten penting yang berhubungan dengan teknologi handset nirkabel.
Namun belum ada kabar apakah Sony akan terus membawa brand “Sony Ericsson” untuk produk perangkat mobile selanjutnya atau hanya akan memakai nama “Sony” saja.
Dimasa depan kedua perusahaan akan tetap terus bekerja bersama, dengan membuat suatu inisiatif nirkabel yang diharapkan dapat mendorong dan mengembangkan adopsi pasar konektivitas di beberapa platform.

0 komentar:

Posting Komentar